Ikuti Kami :
Management Trainee – Pelejit Karir Fresh Graduate

Untuk para fresh graduate dan jobseeker, sebenarnya banyak sekali lowongan-lowongan kerja dengan berbagai jenis, mulai dari pekerjaan full-time, part-time, freelance, internship, dan Management Trainee atau MT.

Looh? MT itu apa?

Yups, sekarang lowongan pekerjaan jenis MT ini sudah mulai banyak di Indonesia. Biasanya, MT diadakan oleh pihak perusahaan sebagai program pelatihan untuk para fresh graduate. Tujuannya agar trainee tersebut sudah siap untuk menduduki jabatan managerial. Selain itu, gaji yang mereka terima juga tergolong besar, loh!

Kelihatannya keren, ya! Makanya tidak heran kalau banyak fresh graduate yang memilih untuk melamar di program ini sebagai langkah awal mereka di dunia karir. Tapi kira-kira gampang tidak ya mengikuti program MT ini?

Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Apa Itu Management Trainee?

Seperti yang sudah dijelaskan, MT atau Management Trainee adalah sebuah program perekrutan karyawan baru yang diadakan oleh pihak perusahaan dan bertujuan untuk mempersiapkan karyawan baru yang berkualitas untuk diposisikan di jabatan dengan level managerial perusahaan.

Umumnya, durasi program ini tergantung pada kebijakan perusahaan yang mengadakan, biasanya selama 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dan bahkan ada yang sampai 3 tahun.

Selama MT, fresh graduate tersebut akan dibekali berbagai ilmu di setiap divisi perusahaan yang dapat mengasah hard skill, soft skill, dan interpersonal skill mereka. Hasil pembelajaran mereka kemudian dievaluasi manager atau senior manager untuk ditempatkan di divisi yang mereka kuasai kemampuannya.

Program MT sering disamakan dengan program magang, padahal kedua program ini berbeda, loh! Program MT dikatakan lebih menantang ketimbang program magang karena peserta MT diharapkan selalu siap dengan segala tantangan.

Selain itu, dibandingkan dengan peserta magang yang masih dianggap sebagai “pihak luar”, peserta MT sudah dianggap sebagai karyawan perusahaan tersebut, namun dengan jenjang karir dan gaji yang berbeda.

Manfaat dari MT antara lain:

  • Bisa mengevaluasi calon-calon karyawan yang berkualitas.
  • Menjamin sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas bisa mendapatkan jenjang karir eksekutif perusahaan.
  • Memberikan ilmu dan pengembangan karakter untuk calon-calon karyawan.
  • Melatih dan mengelola SDM di dalam perusahaan.
  • Tempat untuk meningkatkan kemampuan manajemen dan produktivitas perusahaan.

Oh ya, gaji yang didapatkan oleh peserta Management Trainee tergolong besar, loh! Berdasarkan survei yang diadakan oleh @hrdbacot pada tahun 2022, rata-rata gaji untuk Management Trainee adalah Rp9369.444. Sementara gaji minimumnya sebesar Rp6.300.000 dan gaji maksimumnya sebesar Rp11.625.000.

Besaran gaji tersebut tergantung dengan kebijakan perusahaan pengada program serta UMP dan UMK di masing-masing daerah. Tapi, gaji sebesar tersebut mengandung tanggung jawab selevel posisi manajerial yang cukup berat.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Management Trainee?

Karena tujuan diadakannya MT adalah untuk mencetak calon-calon manajer baru, maka para trainee biasanya akan bekerja langsung dengan manajer yang menjadi mentor sekaligus evaluator mereka.

Oleh karena itu, tugas dan tanggung jawab dari MT antara lain:

  • Membantu manager dalam mengerjakan berbagai tugas (seperti membuat kebijakan), termasuk dalam membuat evaluasi kinerja.
  • Mempelajari operasional perusahaan.
  • Membantu administratif perusahaan.
  • Membantu dalam merencanakan strategi perusahaan.
  • Menjalankan riset untuk meningkatkan profitabilitas dan menurunkan risiko perusahaan.
  • Memantau pendapatan perusahaan.

Baca Juga :

Apa Saja Keuntungan Mengikuti Management Trainee?

Apa saja ya keuntungan yang akan didapatkan jika mengikuti program ini?

  • Bisa mendapatkan berbagai hal di dunia karir

Selama menjalani Management Trainee, para peserta akan mendapatkan banyak ilmu yang berhubungan dengan dunia karir, termasuk hard skill dan soft skill.

Hard skill yang didapatkan tidak cuma sekedar teori saja, melainkan juga dengan praktiknya, seperti SEO/SEM, copywriting, Microsoft Office, dan lain halnya.

Baca juga: Apa Sih Pentingnya Soft Skill di Dunia Kerja?

Sedangkan soft skill yang didapatkan seperti kemampuan komunikasi, time management, critical and creative thinking, bernegosiasi, melakukan presentasi, dan lain-lain.

Diharapkan para peserta MT bisa mempelajari segala unsur fungsional dari setiap divisi di perusahaan, tujuannya agar peserta bisa mengenal luar dan dalam dari perusahaan tersebut.

  • Bisa bekerja sesuai kemampuan dan keinginan

Karena banyaknya hal yang dipelajari para peserta MT dan sistem MT sendiri yang berupa generalisasi, maka setiap peserta MT akan ditempatkan di berbagai divisi agar ia dapat mempelajari seluk-beluk divisi yang ditempatinya.

Artinya, peserta bisa menentukan ingin bekerja di divisi yang sesuai dengan minat dan bakatnya berdasarkan hasil evaluasi dari supervisor.

  • Bisa dipromosikan ke posisi strategis

Ini dia keuntungan yang bikin para jobseeker dan fresh graduate tertarik untuk mengikuti program MT: jenjang karir yang pasti.

Alasannya, jika kamu berhasil menyelesaikan program MT dengan baik, maka besar kemungkinan kamu akan dipromosikan ke jabatan strategis di perusahaan.

Oleh karena itu, pastikan kamu menjalankan program ini dengan sebaik mungkin agar kamu bisa mendapatkan keuntungan ini.

Bagaimana? Tertarik kah kamu untuk mengikuti program Management Trainee ini?

Memang berat kok untuk mengikuti tahap rekrutmen dan program itu sendiri, apalagi dengan ketatnya persaingan di dalam program ini, tapi hasil yang diberikan sangat worth it, kok!

Buat Website GRATIS!!!