Ikuti Kami :
Apa Sih Pentingnya Soft Skill di Dunia Kerja?

Pentingnya Soft Skill – Bicara soal karir, banyak sumber yang menyebutkan soft skill sebagai salah satu bekal paling penting di dunia karir. Malah, ada yang bilang kalau soft skill lebih diutamakan ketimbang hard skill. Tapi kenapa soft skill dibilang paling penting? 

Daripada penasaran berkepanjangan, yuk kita bahas bersama-sama!

Pentingnya Soft Skill dalam Dunia Kerja

Berbeda dengan hard skill yang merupakan keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan tertentu, soft skill adalah kemampuan pribadi yang memengaruhi cara kamu bekerja dan bisa diterapkan untuk semua jenis pekerjaan.

Untuk meningkatkan soft skill ternyata mudah, kok! Caranya adalah dengan memperbanyak relasi, karena secara tak langsung, berinteraksi dengan orang lain membuat kita beradaptasi dengan situasi tersebut sehingga meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan.

Maka tak heran banyak yang menyebutkan soft skill itu penting banget dalam dunia kerja. Ini adalah alasan kenapa soft skill itu penting banget dalam dunia kerja.

  • Bisa mendapatkan banyak jaringan relasi

Karena cara mengembangkan soft skill harus dengan berinteraksi dengan banyak orang, alhasil secara tak langsung kita bisa mendapatkan banyak relasi. Apalagi di dunia kerja, akan banyak pekerjaan yang mengharuskan kita untuk bekerja sama dalam tim atau saling berkoordinasi dengan orang lain.

Kalau sudah mempunyai banyak relasi, tentu kita akan lebih mudah untuk meminta bantuan. Selain itu, kita juga bisa mengembangkan kemampuan hard skill melalui bantuan dari relasi yang kita dapatkan. 

Semakin banyak relasi, maka urusan kita akan lebih mudah.

Baca Juga : Management Trainee – Pelejit Karir Fresh Graduate

  • Bisa mengembangkan otak kanan

Bagian otak kanan memiliki kemampuan untuk berpikir secara kreatif, holistik, dan spasial. Maka, dengan mengembangkan soft skill, berarti kamu mengembangkan kinerja otak kananmu juga.

Alasannya adalah otak kanan akan terlatih untuk mengelola emosi sehingga dapat membuat kamu berpikir kreatif dalam bekerja. Hal ini berhubungan dengan kemampuan otak kanan yang lebih baik dalam mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan kreativitas.

Dengan begitu, tidak hanya soft skill yang terasah, begitu juga dengan kinerja otak kanan.

  • Lebih stabil secara emosional

Salah satu pentingnya mengembangkan soft skill adalah agar kita dapat menghadapi tantangan dalam karir kita, karena ada saja tantangan di dalam pekerjaan kita yang bisa menyebabkan stress.

Dengan melatih soft skill serta life skill, kita bisa lebih siap dalam menghadapi tantangan. Selain itu, kita bisa terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh stress karena kita selalu menanamkan pikiran positif.

Untuk yang belum tahu, life skill menurut Skills You Need adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatur kegiatan sehari-hari seefektif mungkin, seperti menyetir mobil berenang, menggunakan komputer, sampai berkomunikasi.

  • Mudah mengendalikan mood

Terkadang, perubahan mood sering datang tak kenal kondisi, salah satunya saat kita sedang bekerja.

Percaya atau tidak, dengan meningkatkan soft skill, kita bisa mengendalikan perubahan emosi yang dialami sehingga bisa terus fokus bekerja dan bersosialisasi.

Nah, ternyata soft skill sekeren itu perannya di dalam dunia karir kita.

Kalau begitu, kita juga harus mengembangkan soft skill kita seiring dengan mengembangkan hard skill kita. Apalagi banyak yang mengatakan “percuma punya hard skill bagus kalau soft skill-nya nol”.

Buat Website Mudah dan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *