Ikuti Kami :
5 Second Rule: Belum 5 Menit, Ambil!

5 second rule – Sewaktu kecil atau bahkan sampai sekarang, pasti kita sering melakukan menerapkan ‘ah belom lima menit ini!’ kalau makanan kita terjatuh ke lantai. Nah, sekarang aturan itu bisa kita terapkan lagi, bedanya namanya adalah 5 second rule.

Nah, aturan 5 second rule ini bisa kamu terapkan untuk mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan dan bahkan udah terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan produktivitas kita.

Jadi penasaran kan seperti apa sih 5 second rule ini? Yuk, kita pelajari bersama-sama!

5 Second Rule Itu Apa?

Metode 5 second rule ini pertama kali diperkenalkan Mel Robbins dalam bukunya yang berjudul The 5 Second Rule. Dalam bukunya, Robbins menjelaskan aturan ini adalah cara kita mengelabui otak untuk mendapatkan sesuatu.

Kata Elle Kaplan, aturan ini bikin otak kita nggak ragu lagi saat kita ingin bergerak untuk melakukan sesuatu. 

Singkatnya, 5 second rule ini memungkinkan kita mengatur kebiasaan positif kita sendiri untuk otak supaya tidak bekerja secara otomatis (autopilot). Alasannya, otak kita yang bekerja secara autopilot bisa mengganggu fungsi otak yang bernama prefrontal cortex.

Nah, dengan 5 second rule, jalur saraf di dalam otak yang bekerja dalam mengambil keputusan dan motivasi akan semakin kuat. Jadi, dengan “melatih” otak kita menggunakan metode tersebut, kita jadi lebih gampang dalam memulai suatu tindakan, bahkan jika tindakan tersebut yang bikin kita takut.

Caranya, ketika kamu tiba-tiba ingin melakukan sesuatu, maka kamu harus bergerak secara fisik untuk melakukan hal tersebut dalam waktu 5 detik, atau otak kamu akan mengesampingkan keinginan tersebut atau justru malah melupakannya.

Kamu bisa melakukannya dengan menghitung 5 sampai 1 dalam hati lalu bergerak ke tujuan yang kamu inginkan. Tepat pada hitungan ke-1, kamu harus langsung bergerak secara fisik ke tujuanmu.

Bagaimana Tipsnya Melakukan 5 Second Rule?

Untuk yang mau mencoba melakukan 5 second rule, kamu bisa menyimak tips-tips berikut ini supaya lebih lancar:

  • Gunakan instingmu

Metode 5 second rule yang spontan ini bisa terasa mudah dilakukan dengan sedikit dorongan dari instingmu. 

Eh tapi, tentu kita bingung bagaimana caranya menentukan insting mana yang harus dituruti. Perlu kita ketahui bahwa insting adalah dorongan yang hanya bisa dirasakan individu tersebut.

Baca juga: Mid Career Crisis: Ketika Galau Karena Karier

Insting yang perlu kita turuti saat itu juga sebaiknya adalah insting akan hal yang kamu rasa wajib dilakukan dan nggak punya pilihan lain untuk ditunda, meskipun sebenarnya kamu lagi nggak kepengen melakukannya.

Biasanya, insting yang sejenis itu adalah insting untuk menyelesaikan pekerjaan.

  • Paksakan dirimu

Selain insting, mau tidak mau kamu juga harus memaksakan diri ketika ingin mencoba 5 second rule.

Saat kita sudah yakin ada insting yang harus kita turuti saat itu juga untuk mencapai suatu tujuan, maka kamu harus mendorong dirimu sendiri meskipun saat itu kamu lagi mager dan pengennya rebahan di kasur.

Masalahnya, untuk memaksakan diri itu ternyata susah karena secara default otak akan mengajak kita untuk bermalas-malasan. 

Nah, dengan adanya kontrol diri dan kesadaran khusus dari kamu untuk melakukannya, kamu akan mudah mengendalikan otak kita agar tidak mengajak kita bermalas-malasan.

Di sini, kamu harus langsung menghitung mundur dari angka 5 ke angka 1 dan langsung lepas dari rasa malasmu. Yang penting, kamu harus bergerak dulu untuk mencapai tujuanmu, jadi nggak apa-apa kalau kamu nggak bergerak langsung ke tujuanmu.

Nah, dengan melakukan metode ini, dijamin kamu tidak akan gampang menunda pekerjaamu!

Buat website mudah dan gratis, coba Konekios sekarang!